Minggu, 13 Mei 2012


Dari Benci Menjadi Cinta Mati

Kalo gue ditanya kenapa gue jatuh cinta ma blog, jujur aja gue malu. Kenapa harus malu? Soalnya ini ada hubungannya dengan masa lalu dan sumpah saat awal gue tahu blog. Itu terjadi sekita 6 tahun yang lalu.
Gue akui dulu saat diperkenalkan ma temen soal blog gue langsung menjatuhkan vonis bahwa blog bukan merupakan sebuah website. Alasan kenapa gue berpikiran kayak gitu karena dulu gue anggap untuk memiliki sebuah blog gak diperlukan skill apapun. Terutama web programming skill. Pemilik blog hanya perlu membuat artikel dan mem-publish-nya langsung dari dashboard akun blog-nya. Gak perlu pusing-pusing mikirin disain atau tetek bengek bahasa pemrogaman yang lazim dibutuhkan untuk membangun sebuah web statis. Karena itulah gue agak sewot ketika beberapa kawan yang dengan bangga pamer udah punya website yang ternyata hanyalah sebuah blog.
Tapi setelah beberapa bulan akhirnya aku memutuskan untuk membuat sebuah blog atas dasar rasa penasaran aja soalnya waktu itu blog lumayan booming dikalangan kawan-kawanku. Penasaran dengan apa sih kelebihan yang ditawarkan sebuah blog sehingga beberapa kawan yang barusan melek internet pun memiliki sebuah blog. Mungkin karena jodoh gue pun gak butuh waktu lama untuk kemudian jatuh cinta ma blog. Gue akui kalo gue takjub banget dengan kemudahan yang diberikan untuk melakukan update konten. Selaen itu juga aku suka dengan fasilitas gratis yang diberikan. Gak perlu pusing mikirin space hosting atau bandwidth.
Dan sekarang yang bikin gue tambah jatuh cinta adalah kenyataan bahwa ternyata blog pun bisa dipake buat nyari duit. Soal ini awalnya gue sempet ragu juga beneran bisa atau cuman tipu-tipu doang? Tapi setelah akhirnya gue putuskan buat nyoba ternyata blog bener-bener bisa dipake buat nyari duit. Makin cinta mati deh gue ama blog.

Seiring berjalannya waktu gue juga akhirnya tersadar bahwa ngurus blog pun ternyata sama ribetnya dengan ngurus web statis. Nge-blog ternyata gak sesederhana bikin artikel lantas publish. Banyak juga hal-hal yang harus dipikirkan terutama untuk blog monetized. Pagerank, traffic atau SEO adalah beberapa contohnya. Meski hal-hal tersebut kadang bikin pusing tapi ternyata lumayan mengasyikkan juga.
Dari benci jadi cinta mati. Itu pengalaman gue. Kalo pengalaman lo gimana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar