Sabtu, 19 Januari 2013

Peran Keluarga Besar dalam Perceraian

detail berita

PERCERAIAN tentunya membawa luka hati tersendiri. Apalagi bagi anggota keluarganya.
 
Namun, tak jarang pula kasus perceraian justru terjadi karena adanya campur tangan dari keluarga besar. Hal ini pun seperti yang diungkapkan oleh salah satu psikolog, Fredrick Dermawan Purba.

“Kalau mencampuri itu biasanya ada, tapi keluarga sebaiknya menghindari fokus ke anak, tapi harus melihat dua sisi,” tuturnya saat berbincang dengan Okezone via telefon seluler, belum lama ini.

Pemilik akun twitter @bangjeki tersebut juga tak menyangkal bahwa umumnya keluarga besar juga turut mencampuri urusan perceraian yang terjadi. Bahkan, tak jarang pula yang justru memperkeruh suasana yang ada.

“Secara sadar tidak sadar, keluarga akan membela anaknya yang salah,” imbuhnya.

Meski begitu, pria ramah ini mengatakan bahwa keluarga juga memiliki peran yang tak kalah penting dalam sebuah proses perceraian. Namun, tetap harus memperhatikan beberapa hal agar tidak menambah masalah baru lagi.

“Dalam situasi seperti ini, boleh saja keluarga membela, tapi sebagai support, memberikan kenyamanan, menenangkan. Keluarga lebih baik mem-back up atau jangan dikompori karena akan semakin drop,” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar