Sabtu, 19 Januari 2013

Gilas Il Zebrette, Juve Kokoh Sebagai Capolista

Paul Pogba melakukan selebrasi usai cetak gol (foto:Reuters) 



TURIN – Juventus kembali ke trek kemenangan usai mencukur tamunya Udinese dengan skor telak 4-0 pada giornata ke-21, Minggu (20/1/2013) pagi WIB. Paul Pogba menjadi bintang lapangan lewat dua gol spektakulernya, sementara Mirko Vucinic dan Alessandro Matri melengkapi kemenangan Bianconeri di Juventus Stadium.

Juve kembali melakoni laga kandang mereka yang ketiga di tahun ini dengan mengincar kemenangan. Setelah pada dua partai sebelumnya, Nyonya Tua gagal meraih poin sempurna. Sekali menelan kekalahan saat menjamu Sampdoria dan ditahan imbang oleh tuan rumah Parma.

Tapi, pelatih Antonio Conte harus kehilangan beberapa pemain penting, di antaranya Claudio Marchisio dan sang kreator lapangan tengah, Andrea Pirlo. Kedua pemain tersebut, harus absen karena mengalami cedera. Sementara Kwadwo Asamoah, sedang membela negaranya Ghana yang mengikuti Piala Afrika.

Sementara di kubu tim tamu, Il Zebrtette,-julukan Udinese secara mengejutkan mencadangkan mesin gol mereka, Antonio Di Natale dan memasang Luis Fernando Muriel di depan sendirian, dengan didukung oleh lima pemain tengah, demi bisa mengimbangi permainan Juve.

Babak Pertama:
Memasuki jalannya pertandingan, Juve  mencoba merangkai serangan, kali ini Paul Pogba yang  mengisi posisi Pirlo berusaha menjadi penyeimbang permainan Juve, beberapa peluang pun tercipta, tapi sayang pertahanan dari Udinese masih sigap membendung serangan yang datang ke jantung pertahanan mereka.

Pada menit ke-30 tim tamu, Udinese coba membangun serangan dan menguasai jalannya pertandingan. Tapi lini pertahanan Juve masih bisa meredam tekanan yang dibangun oleh pasukan Francesco Guidolin tersebut.

Lima menit pertandingan berakhir Juve mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti Udinese, setelah Arturo Vidal dijatuhkan. Namun sayang tidak ada yang menyambut tendangan bebas dari Giovinco.

Namun setelah itu, kiper Udinese, Padelli dikejutkan dengan gol spektakuler dari Pogba. Gelandang internasional Prancis itu melepaskan tendangan keras dari jarak 32 meter, bola sempat membentur mistar dan mendarat di dalam gawang. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Juve, hingga turun minum.

Babak Kedua:
Memasuki interval kedua, tim tamu Udinese mencoba mengendalikan permainan, terbukti pada menit ke-48 Zebra kecil memiliki dua peluang berbahaya yang berpotensi gol. Tapi gol balasan urung terjadi, karena penyelesaian akhir yang kurang maksimal.

Untuk menambah daya dobrak, Udinese memasukkan mesin gol mereka, Di Natale. Meski berhasil mendominasi pertandingan, namun belum ada peluang yang berpotensi gol. Sementara bagi Nyonya Tua, mereka lebih sering mengandalkan serangan balik.

Padelli, kiper Udinese ini lagi-lagi harus kembali menyaksikan gawangnya dibobol dua kali oleh Pogba lewat gol yang spektakuler. Gelandang 19 tahun itu melesakkan bola mendatar dengan jarak yang hampir sama seperti gol pertama. Menit ke-66 Juve perlebar jarak dengan skor 2-0 atas Udienese.

Juve memperbesar keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-72, kali ini gol dicetak oleh Mirko Vucinic, yang membobol gawang Padelli dengan cara membelakangi lawan. Ini menjadi gol kelima untuk striker internasional Montenegro tersebut sepanjang musim ini.

Alessandro Matri yang masuk di babak kedua menggantikan Giovinco menambah keunggulan Juve menjadi 4-0, usai menerima umpan terobosan dari Vucinic pada menit ke-80. Dengan tenang, mantan striker Cagliari itu menceploskan bola yang dikawal Padelli.

Hingga memasuki menit akhir, tak ada gol yang tercipta meski Zebra Kecil, julukan dari Udinese memiliki beberapa serangan berbahaya. Skor 4-0 ternyata menjadi hasil akhir yang sempurna untuk Juve kembali ke trek kemenangan.

Dengan kemenangan ini, maka Juve tetap sebagai capolista (pimpinan klasemen) dan kembali menjauh dari kejaran para pesaingnya dengan mengoleksi 48 poin atau unggul lima poin dari peringkat kedua, Lazio yang diimbangi Palermo.

Susunan Pemain:
Juventus: 1. G. Buffon, 15. A. Barzagli, 26. S. Lichtsteiner, 19. L. Bonucci, 11. P. De Ceglie (Isla 83}, 4. M. Cáceres , 23. A. Vidal (Padoin 78’), 24. E. Giaccherini, 6. P. Pogba, 9. M. Vu?inic, 12. S. Giovinco (Matri 46’)

Udinese: 25. D. Padelli, 8. D. Basta, 26. G. Pasquale (Silva 83’) 5. Danilo, 11. M. Domizzi, 75. T. Heurtaux, 66. G. Pinzi, 21. A. Lazzari, 37. R. Pereyra (Di Natale 51’), 3. Allan, 24. L. Muriel (Maicouel 73’)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar