Sabtu, 19 Januari 2013

Alasan Guardiola Memilih Bayern

 Josep Guardiola. (Foto: Getty Images)

MUNICH - Terpilihnya Bayern Munich sebagai pelabuhan baru bagi karier kepelatihan Josep ‘Pep’ Guardiola menjadi hal cukup mengejutkan. Namun, mantan pelatih Barcelona tersebut memiliki alasan memilih Bayern.

Sejak memutuskan untuk meninggalkan jabatannya sebagai pelatih El Barca pada akhir musim lalu, Guardiola langsung menjadi incaran beberapa klub besar. Klub-klub asal Premier League menjadi yang paling sering dikaitkan dengannya.

Bahkan, pelatih asal Spanyol itu sempat mengisyaratkan dirinya untuk melanjutkan karier di Inggris. Belum lagai direktur olahraga Bayern, Matthias Sammer yang juga membantah kabar berlabuhnya Guardiola ke Allianz Arena.

Hingga akhirnya, misteri pun terpecahkan dengan pernyataan Bayern yang mengonfirmasi bahwa Guardiola menjadi pelatih mereka di musim depan dengan kontrak selama tiga tahun, Rabu (16/1/213). Guardiola akan mulai melatih Bayern pada tanggal 1 Juli 2013.

Agen Guardiola, Jose Maria Orobitg, mengungkapkan bahwa kesepakatan dengan Bayern sebenarnya telah terjalin cukup lama. Namun, kedua belah pihak sepakat untuk tidak mengumumkannya.

“Penandatanganan (kontrak dengan Bayern) berlangsung sekitar Natal. Saya tidak ingat tepatnya kapan, tapi itu sekitar tanggal 20 Desember. Kami sengaja tak mengumumkannya agar bisa mengecoh media, " ungkap Orobitg kepada EFE Radio.

Pada Desember tahun lalu, pelatih Jupp Heynckes memang menyatakan dirinya akan pensiun saat kontraknya bersama Bayern habis pada 30 Juni 2013 mendatang. Bahkan, dikabarkan bahwa Heynckes terlibat dalam negosiasi dengan Guardiola.

Terlepas dari itu semua, sang agen menjelaskan bahwa dipilihnya Bayern bukanlah karena uang, tapi karena komposisi pemain yang ada. "Bayern bukan tim yang mengajukan banyak uang. Guardiola memilih Bayern karena struktur mereka dan pemain-pemain yang dimiliki,” pungkasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar